2Dihadiri lima belas peserta, gelombang pertama Kaderisasi Kepe-mimpinan Kolega Sosial-Ekonomi Indonesia yang disingkat K3SI, diselenggarakan di Wisma Kompas Cipanas, Jawa Barat. Acara yang dilangsungkan pada tanggal 6-9 Maret 2012 difokuskan pada peserta yang berada di wilayah Jakarta dan kota lain seperti Bandung, Bogor dan Purwokerto.

Yayasan Albrecht Karim Arbie (YAKA), yang diisi oleh orang-orang yang tidak lagi muda namun memiliki semangat dan konsistensi luar biasa adalah organisasi yang menjadi inisiator sekaligus pelaksana dan fasilitator kegiatan kaderisasi ini. Robby Tulus, Anton Tulus, Daisy Tanireja, Trisna Ansarli, Suroto, nama-nama tersebut adalah personil YAKA yang menjadi fasilator langsung acara kaderisasi selama empat hari berturut-turut dan ditambah satu nama besar tokoh koperasi internasional, Bruce Thordarson, mantan Direktur Jenderal Gerakan Koperasi Dunia (ICA-International Co-operative Alliance).

Kegiatan berlangsung begitu interaktif dengan menggunakan dua bahasa perantara, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tidak seperti seminar atau pelatihan pada umumnya, K3SI ini adalah rangkaian agenda strategis dimana para calon kader diarahkan untuk membangun jaringan kolega nasional guna mengembangkan koperasi  dan lembaga sosial-ekonomi lainya dalam berbagai sektor, dan salah satu program strategis yang dijadikan aksi kolektif adalah CU–Mart (Consumer Union Market).

Pada akhir sesi kaderisasi para peserta K3SI menandatangani komitmen bersama untuk menjadi  kader AKSES Indonesia. AKSES Indonesia atau Asosiasi Kolega Sosek Indonesia untuk selanjutnya menjadi wadah kader  mengembangkan dan memperjuangkan perubahan sosial ekonomi masyarakat melalui gerakan pemberdayaan masyarakat, koperasi maupun lembaga sosial-ekonomi lainya. [EP]