1Pendidikan dan Pelatihan Consumer Union (CU-Mart) perdana telah diselenggarakan dengan sukses oleh Credit Union Keling Kumang, Kalimantan Barat bekerjasama dengan YAKA dan AKSES-Kalbar. Diklat diselenggarakan dari tanggal 6-10 Agustus 2012 dan diikuti oleh 26 orang yang terdiri dari Pengurus serta manajemen dari CU Keling Kumang, dan 6 orang kader AKSES Kalbar.  Mereka mengikuti kegiatan secara antusias dari hari pertama sampai akhir.

Pada hari pertama materi yang disampaikan oleh Trisna Ansarli dan Suroto lebih ditekankan pada masalah keorganisasian Consumer Union (skema pengembangan, Konsep dasar, filosofi, sejarah dan perkembangan, dasar-dasar keorganisasian, prasyarat dan langkah-langkah pendirian, AD/ART, dll) sedangkan hari kedua sampai ke empat diisi dengan materi kegiatan manajemen Consumer Union menyangkut Studi Kelayakan Bisnis, Segmentasi, merchandising, Human Resource Management, sekilas administrasi keuangan, IT dll.

Sehari setelah kegiatan Diklat dilakukan kami juga ke tempat-tempat yang akan didirikan Consumer Union oleh AKSES Kalbar, yaitu di Sekadau, Ampera dan di Siantan.  Sehari setelah kegiatan,  tim YAKA bersama AKSES Kalbar juga melanjutkan kegiatan diskusi di kantor Pusat Borneo untuk membahas pendalaman materi Diklat dan rencana pendirian Consumer Union oleh AKSES. Pertama brief dan pendalaman mengenai “Consumer Union” dan juga Strategi Segmentation-Targeting-Positioning (STP) oleh Suroto, kemudian penyusunan resume hasil STP oleh dua kelompok Siantan dan Ampera, dan penyusunan Bussines Plan berikut didalamnya schedule program pembukaan Consumer Union di Siantan dan Ampera dengan nama yang disepakati “MERION” kepanjangan dari Consumer Union dan segmen yang disasar “Keluarga-Menengah kebawah yang ditargetkan akan dibuka bulan Desember mendatang. []