12Tanggal 15 sampai 20 Juli 2012 lalu,  Yayasan Albrecht Karim Arbie (YAKA) kerjasama dengan Majalah “MENTIK” dan “Pusat Koperasi Kredit “BALI ARTA GUNA” (PUSKOPDIT “BAG”), sukses selenggarakan Kaderisasi Kepemimpinan Kolega Sosial Ekonomi Indonesia (K3SI).  Acara ini diikuti 17 peserta, berasal dari Bali, Jakarta dan dua peserta negeri tetangga, Timor Leste.

Bersama narasumber handal, Robby Tulus, Trisna Ansarli, K3SI berjalan penuh semangat dari hari ke hari.  Selain materi perkenalan tentang K3SI, juga ada pembahasan tema menarik dari Robby Tulus soal kondisi sosial-ekonomi global.

Kemudian peserta didorong lakukan refleksi sosial; banyak yang hidup kekurangan, sementara sumberdaya alam melimpah.  Tak cukup di situ, para kader juga diminta lakukan proses analisa; bagaimana caranya lakukan aksi-aksi kolektif yang nyata agar masalah kemiskinan tertangani.

Dalam kegiatan itu, Tim YAKA presentasi konsep Consumer Union (Koperasi Konsumen) yang diharapkan menjadi model gerakan koperasi baru yang diinisiasi Robby Tulus. Merespon itu, dibentuklah Tim Inti yang terdiri tujuh orang, diketuai Sdr. Fransiskus Supriyanto. Tim Inti daerah Bali atau AKSES Bali ini juga telah rumuskan visi, misi serta agenda strategis. Salah satunya adalah pendirian Consumer Union (CU Mart).

Sebentar menikmati indahnya Pulau Dewata, langsung setelahnya Tim YAKA, yang terdiri dari Daisy Taniredja, Robby Tulus, Trisna Ansarli, Anton Tulus dan Suroto langsung menuju Maumere. Di sana juga digelar program K3SI untuk daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan K3SI di NTT dimulai tanggal 23-29 Juli 2012. Kegiatan ini diikuti 32 peserta, berasal dari berbagai daerah NTT. Acara dibuka oleh Romanus Woga, Ketua Puskopdit “Swadaya Utama“ sebagai tuan rumah yang juga kebetulan menjabat sebagai Ketua Umum Induk Koperasi Kredit (INKOPDIT).

Seperti K3SI di Bali, kegiatan di NTT ini juga meliputi proses yang sama. Juga dibentuk Tim Inti terdiri tujuh orang mewakili masing-masing daerah di NTT. Dan acara ditutup dengan penandatanganan komitmen anggota kader AKSES. []