inovasi1Oleh:  Paulus Florus

Inovasi pastilah perubahan dengan harapan menjadi semakin baik. Koperasi yang tidak mau dan tidak mampu melakukan inovasi akan stagnan alias jalan di tempat. Inovasi bagi satu jenis (primer) koperasi dapat  bersifat internal atau eksternal.

Inovasi internal dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan. Ini mencakup perbaikan atau penambahan penampilan para pengurus dan pegawai, penampilan kantor, program, cara pelayanan, mutu produk layanan,  kecepatan dan ketepatan. Koperasi kredit, misalnya, perlu melakukan diversifikasi produk simpanan dan pinjaman, pengembangan pelayanan solidaritas, perbaikan sistem dan metode pendidikan anggota.

Sedangkan inovasi eksternal adalah pengembangan jenis koperasi untuk menjawab keperluan warga masyarakat (= para calon anggota). Bagi kita di Indonesia, peluang untuk mendirikan koperasi-koperasi konsumsi dan produksi (terutama pertanian, peternakan dan perikanan) masih terbuka sangat luas. Saya yakin, koperasi konsumsi dan koperasi produksi sungguh diperlukan oleh banyak orang. Motivasi dari Yayasan Karim Arbie agar para insan koperasi kredit mulai bergerak mendirikan koperasi konsumsi (consumers union) patut kita dukung dan seriusi bersama.

Pada dasarnya kita suka berinovasi. Untuk membuat kesukaan itu menjadi kenyataan, diperlukan: pertama, niat, kemauan dan keyakinan untuk melakukan perubahan. Kedua, melakukan penelitian (survey) untuk mengetahui keperluan warga masyarakat. Ketiga, menghimpun sekelompok orang untuk bergabung mendukung gagasan inovatif itu. Langkah-langkah sederhana itu memerlukan orang-orang pemberani yang baik hati sebagai pelopor. Itu saja. Sederhana, bukan?

Para pelopor diperlukan, karena pada dasarnya kita manusia juga takut perubahan, takut akan ketidakpastian, puas dengan kondisi yang sudah ada dialami. Ini hambatan mentalitas bagi inovasi. Sebagai contoh, di Kalimantan Barat banyak warga masih trauma karena pernah gagal dalam sebuah koperasi konsumsi, sehingga tidak mudah mereka bergabung menjadi anggota MERION yang belum lama ini didirikan. []

Penulis adalah Aktivis Koperasi Kredit, tinggal di Pontianak.