kaderisasiKegiatan Kaderisasi Kepemimpinan Kolega Sosio-Ekonomi Indonesia untuk CU Mandiri – Probolinggo telah dilaksanakan pada tanggal 22 – 25 Mei 2014 yang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan atas permintaan CU Mandiri – Probolinggo dengan maksud untuk membangun karakter kepemimpinan bagi beberapa anggota CU Mandiri terpilih, yang pada mereka akan diembankan tugas perutusan untuk membangun dan mengembangkan Consumer Union Mart Mandiri dan kegiatan pemberdayaan sosio-ekonomi lain di wilayah kerja CU Mandiri. Kader hasil kaderisasi ini akan bergabung dengan AKSES JATIM yang sudah terbentuk pada tanggal 14 Januari 2014 yang lalu.

Dalam kaderisasi ini, proses untuk mau / tidak mau menjadi kader AKSES JATIM dibiarkan terbuka sehingga kesadaran dan pertimbangan matang dari para peserta menjadi dasar konkret untuk bergabung / tidak bergabung dengan AKSES JATIM. Di saat terakhir menjelang penutupan, masih ada seorang peserta yang kemudian memutuskan untuk bergabung dengan AKSES JATIM. Total peserta yang kemudian bergabung menjadi kader AKSES JATIM adalah 24 orang, sesuai dengan keseluruhan jumlah peserta yang hadir.

Salah satu program baru yang juga dijalankan dalam Kaderisasi kali ini adalah ‘Exposure’, sebagai pengganti materi ‘Kerjasama Membangun Komunitas’. Materi ini dimaksudkan untuk mempertajam kepekaan peserta akan realitas kehidupan sosio-ekonomi komunitas-komunitas sasaran. Kepekaan tersebut diharapkan akan menumbuhkembangkan semangat keberpihakan positif pada komunitas-komunitas tertinggal dan semangat pemberdayaan sosio-ekonomi yang kreatif dan inovatif dari para peserta bagi komunitas-komunitas tersebut, sehingga pada saat mereka memutuskan untuk bergabung menjadi kader AKSES JATIM, semangat pemberdayaan sosio-ekonomi ini menjadi basis kesadaran gerakan yang kuat.

Kaderisasi ini pada akhirnya telah berhasil membentuk kepengurusan Consumer Union Mart Mandiri, yang terdiri dari:

  • Ketua                      : Sugeng Supri Sayoga
  • Sekretaris              : Rokhim Jamhari
  • Bendahara             : Bambang Irawan
  • Anggota                 : Ina Alianingsih
  • Anggota                 : Rosita Dewi

Dan sebagai pengawas:

  • Sr. Lusia Linda, SPM
  • Justina E. W
  • Tibertius Edi Trayoda

Para kader hasil K3SI ini sepakat untuk mendukung pembentukan dan pengembangan Consumer Union Mart Mandiri. Tentunya hal ini menjadi benih harapan bagi AKSES JATIM, untuk membangun jejaring penguatan benteng-benteng sosio-ekonomi lokal di daerahnya.

Demikian laporan ini kami buat untuk diketahui bersama. Atas perhatian dan dukungan para sahabat Dewan Pengurus Nasional AKSES Indonesia dan Dewan Pengurus AKSES JATIM, kami ucapkan terima kasih. []