aksesSejarah AKSES Indonesia

Kehidupan bersama bangsa Indonesia pasca reformasi ditandai dengan menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi politik, ekonomi dan sosial yang diakibatkan oleh menurunnya kualitas kepemimpinan. Penurunan kualitas tersebut mencerminkan suatu gejala akut dekadensi moral pemimpin yang secara konkret muncul dalam praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Realitas konkret lain yang muncul secara transparan adalah semakin melebarnya jurang kesenjangan kaya-miskin yang disebabkan oleh kebijakan para pemimpin yang tidak mengabdi kepada kepentingan hajat hidup orang banyak.

Dari latar belakang tersebut maka, Drs. Robby Tulus dan Dra. Daisy Taniredja tergerak untuk mencari suatu jalan pembenahan. Upaya strategis yang kemudian diambil adalah dengan melakukan kaderisasi kepemimpinan yang berorientasi pada pembinaan karakter secara eksperiensial dan partisipatif, serta mengembangkan semangat inovatif dalam praktik kewirausahaan sosial yang menekankan pada pemberdayaan masyarakat yang marginal.

 

Tentang AKSES Indonesia

Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis (AKSES) Indonesia adalah organisasi yang bergerak dalam bidang pemikiran dan pengembangan sosio-ekonomi di Indonesia.

AKSES merupakan perhimpunan para kader sosio-ekonomi Indonesia yang berdiri sebagai organisasi nasional pada tanggal 20 Mei 2013  dalam Konferensi Nasional I di Bandung. AKSES Nasional terdiri dari AKSES daerah-daerah yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

AKSES merupakan perkumpulan kader “think-thank” yang peduli terhadap persoalan sosio-ekonomi masyarakat Indonesia, yang dalam geraknya selalu mengedepankan proses aksi-refleksi, berfikir global dan bertindak lokal. Kader-kader AKSES merupakan kader inti yang menunjukkan antusiasme tinggi terhadap persoalan-persoalan sosial-ekonomi masyarakat di lingkunganya dan menjadi garda terdepan sebagai benteng-benteng lokal.