ikkiTentang IKKI

Induk Koperasi Konsumsi Indonesia (IKKI) adalah organisasi yang memayungi gerakan koperasi konsumsi (consumer union) yang bergerak di sektor retail di seluruh Indonesia.

Gerakan ini dicetuskan oleh Robby Tulus dan dirintis sejak tahun 2012 dengan ditandai pendirian toko pertamanya di Kalimantan Barat. Consumer Union ini dikembangkan secara multistakeholder dengan konsep kepemilikan oleh konsumen, pekerja, produsen. dikembangkan secara mandiri dan berpijak pada nilai-nilai dan prinsip koperasi.

 

Sejarah IKKI

Melihat kenyataan hidup masyarakat kita di Indonesia yang terbelenggu oleh kemiskinan akibat kekuatan kartel, tergerusnya daya beli masyarakat karena inflasi dan krisis ekonomi yang terjadi secara berulang dan juga dalam rangka untuk menciptakan inovasi sosial yang diinspirasi oleh gerakan koperasi konsumsi di Inggris maka, Drs. Robby Tulus, tokoh gerakan koperasi internasional yang memberikan kepedulian kepada masyarakat mencetuskanlah satu gerakan koperasi konsumsi sebagai inovasi sosial bagi perbaikan kondisi masyarakat Indonesia.

Gerakan koperasi konsumsi tersebut diberi nama “Consumer Union (Koperasi Konsumsi)” yang berarti ikatan persatuan/ kerjasama para konsumen. Gerakan ini secara akseleratif juga dikembangkan oleh Asosiasi Kader Sosio Ekonomi Strategis (AKSES) Indonesia yang merupakan gerakan sosial-ekonomi masyarakat di Indonesia yang dicetuskan oleh Robby Tulus.

Consumer Union atau disebut dengan istilah CU Mart model koperasi konsumsi yang dikembangkan secara multi stakholder dengan pelibatan kelompok konsumen, produsen dan pekerja sekaligus dalam manajemen organisasi koperasi ini.  Consumer Union pertama ini didirikan di Kalimantan Barat pada tanggal 12-12-2012 dengan nama “Merion” yang kemudian segera disusul dengan pendirian Consumer Union lainya di Bali dengan nama “Cunion”, di Maluku Utara dengan nama “Come-On”, di Jawa Tengah dengan nama “Pionir”, dan kemudian menyusul di Jakarta, Lampung, NTT.

Pada tanggal 21 Mei 2013, bersamaan dengan lahirnya organisasi AKSES Nasional maka dalam satu rapat pertama Gerakan Koperasi Konsumsi Indonesia pertama di Bandung, didirikanlah Induk Koperasi Konsumsi Indonesia (IKKI) yang dimaksudkan untuk menaungi gerakan Consumer Union di seluruh Indonesia untuk tujuan memberikan layanan subsidiaritas bagi pengembangan koperasi-koperasi primer Consumer Union di seluruh Indonesia.